X

Kalkulator BMI

or cms

Table of Contents:

Is This Tool Helpful?

     

Formula

English BMI Formula
BMI = (Weight in Pounds / (Height in inches * Height in inches)) *703

 

Metric BMI Formula
BMI = (Weight in Kilograms / (Height in Meters* Height in Meters ))

BMI adalah cara mudah dan cepat untuk menghitung ukuran lemak tubuh yang sesuai, berdasarkan tinggi dan berat badan Anda. BMI adalah indikator yang membantu Anda memutuskan apakah Anda kekurangan berat badan, kelebihan berat badan, obesitas atau normal. Anda dapat menghitung BMI Anda dengan menggunakan Kalkulator BMI atau dengan menerapkan Formula BMI.

BMI Klasifikasi
18.5 atau kurang       Underweight 

18.5-24.99                 normal Berat 

25-29.99                     Kegemukan 

30-34.99                    Obesitas (Kelas 1) 

35-39.99                    Obesitas (Kelas 2) 

40 atau lebih besar    Morbid Obesitas

Underweight: Ini adalah tahap di mana BMI sama dengan atau kurang dari 18.5. BMI ramping menunjukkan bahwa berat badan Anda mungkin terlalu rendah. Pada tahap ini Anda diminta untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Underweight menggambarkan jika Anda harus menambah berat badan, karena massa tubuh yang rendah dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda. Menurunnya sistem kekebalan tubuh menyebabkan penyakit seperti hilangnya periode (wanita), pengeroposan tulang, kekurangan gizi dan kondisi kesehatan lainnya. 

Berat Badan Normal: Orang yang mendapatkan BMI antara 18.5 hingga 24.9 dikatakan memiliki jumlah berat badan yang ideal. Mereka yang mendapatkan Berat Badan Normal mencapai insiden penyakit serius terendah, serta merasakan lebih banyak ketertarikan fisik daripada orang dengan BMI dalam rentang yang lebih tinggi atau lebih rendah. 

Lebih Berat: Mereka yang berkisar antara BMI 25-29.9 dianggap kelebihan berat badan. Mereka disarankan dengan tips sehat untuk menurunkan berat badan mereka seperti diet dan olahraga. Semakin tinggi BMI, semakin tinggi risiko masalah kesehatan. Sesuai survei kesehatan baru-baru ini, peningkatan tingkat tekanan darah, diabetes dan penyakit jantung tercatat 27.9 untuk wanita dan 27.8 untuk pria.

Obesitas (Kelas 1): Orang dengan BMI 30-34.99 masuk dalam kategori Obesitas (kelas 1). Orang-orang ini berada dalam kondisi fisik yang tidak sehat. Mereka yang termasuk dalam kategori ini rentan terhadap penyakit serius seperti penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit kandung empedu, dan juga beberapa jenis kanker. Dalam hal ini orang disarankan untuk mengurangi berat badan mereka sebesar 5-10 persen yang menghasilkan peningkatan kesehatan yang cukup besar.

Obesitas (Kelas 2): BMI yang menunjukkan hasil antara 35-39.99 menunjukkan risiko tinggi masalah kesehatan terkait berat badan dan bahkan kematian yang parah. Konsultasikan dengan dokter dan turunkan berat badan ke BMI yang lebih rendah.

Obesitas Morbid: BMI berkisar 40+ memiliki risiko yang sangat tinggi dari penyakit yang berhubungan dengan berat badan dan kematian dini. Seorang spesialis kesehatan dianjurkan untuk berhubungan dengan kondisi kesehatan.